Bagaimana Anda akan tahu
bagaimana karyawan Anda benar-benar setia? Perlu Anda ketahui bahwa
keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung pada kualitas tenaga kerja dan loyalitas pekerja.
Kepuasan kerja kadang
menjadi hal kedua, namun karyawan perlu merasa bahwa pekerjaan mereka adalah
bermanfaat dan memberi mereka rasa keberhasilan. Idealnya, Anda ingin mereka
untuk bergerak di luar melihat pekerjaan mereka bukan hanya pekerjaan. Jika cocok, mereka harus
melihat pekerjaan mereka sebagai karier dan yang akan menginspirasi mereka.
Jika salah satu atasan
atau pekerjaan tidak bekerja dengan baik bagi karyawan, tidak akan peduli
banyak bagaimana menyenangkan lingkungan perusahaan. Tetapi jika keduanya
berada dalam urutan yang baik, tingkat menyenangkan budaya perusahaan mencapai
secara signifikan dapat meningkatkan peluang untuk meningkatkan loyalitas
karyawan.
Perusahaan perekrutan
Robert Half International dalam survei tahun 2014 mengungkapkan ada delapan
alasan utama untuk 'memaksa' karyawan untuk tidak berhenti dari pekerjaannya.
Apa saja? Berikut caranya, seperti dikutip dari Emirates 247, Jumat, 24
April 2015.
>Kompensasi dan Manfaat
Gaji merupakan komponen penting untuk mempertahankan karyawan dan
mungkin yang paling penting membuat mereka tidak beralih pekerjaan.
Survei Robert Half menunjukkan ini adalah faktor utama yang akan membuat
mereka loyal pada perusahaan. Gaji dengan tunjangan semakin penting sekarang.
Masalahnya, perekonomian semakin membaik dan banyak perusahaan yang tidak
tanggung-tanggung menawarkan fasilitas tambahan untuk menarik karyawan agar
betah.
>Keseimbangan Kehidupan dan Pekerjaan
Menurut survei Robert Half, selain uang, karyawan juga mencari
keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan yang baik. Sebuah survei sebelumnya
oleh portal pencari kerja Bayt.com juga
membuktikan hal yang sama.
Sebuah survei yang dirilis oleh Bayt tahun lalu menyatakan bahwa 75
persen responden di Uni Emirat Arab (UEA) percaya bahwa keseimbangan dalam
kehidupan dan pekerjaan yang baik tidak hanya akan menjamin mereka tetap loyal,
namun juga merupakan sumber yang sangat penting bagi motivasi. Sementara 60
persen mengklaim bahwa perusahaan mereka saat ini menawarkan dukungan untuk
mendapatkan hal ini.
>Budaya Perusahaan atau Lingkungan Kerja
Membangun lingkungan kerja yang kuat mendorong karyawan untuk tetap
bertahan. Ini masuk dalam salah satu faktor karyawan UEA agar mereka tetap
bekerja dan loyal pada perusahaan tempat mereka bekerja.
Pemimpin atau bos yang ingin mempertahankan orang-orang berbakatnya
harus pintar dalam menyediakan lingkungan kerja yang bagus dengan strategi
jangka panjang sebagai investasi karyawan mereka.
Perusahaan terkemuka, yang masuk dalam Daftar The Great Place to Work
Institute, selalu berusaha menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk
meningkatkan loyalitas, produktivitas, dan mengurangi biaya.
>Hubungan Sesama Karyawan yang Baik
Bekerja di lingkungan yang kondusif dengan hubungan pertemanan
yang baik juga sangat penting untuk menjaga karyawan tetap betah di
perusahaan.Hubungan interpersonal di tempat kerja dapat mendorong karir
seseorang dan menghasilkan kepuasan kerja.
Hubungan kerja yang baik juga menyebabkan kesejahteraan pribadi yang
timbul karena punya hubungan interpersonal yang positif. Dan, ini adalah alasan
mengapa survei Robert Half menempatkan faktor ini sebagai salah satu yang
penting yang membuat karyawan betah dalam pekerjaan mereka.
>Peningkatan Karir
Karyawan yang merasa tidak berkembang karena tidak diberi kesempatan,
pada akhirnya akan memutuskan untuk pindah kerja.Menurut Robert Half dan banyak
perusahaan perekrutan lainnya banyak orang akan meninggalkan perusahaan jika
karir mereka berjalan lambat.
Perusahaan perlu memastikan bahwa karyawan diberikan kesempatan yang
cukup untuk mengembangkan diri dan karier mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan
memberikan mereka pelatihan, menawarkan bantuan untuk mengembangkan diri dan
promosi.
>Brand atau Reputasi Perusahaan
Mengelola reputasi perusahaan mungkin tidak berada di atas daftar tetapi
merupakan faktor penting. Jika brand atau reputasi perusahaan terkenal atau
meningkat, karyawan akan bangga dan loyal dalam bekerja.
Namun jika reputasi menurun, begitu juga dengan karyawan. Mereka akan
mempertimbangkan untuk pindah kerja ke perusahaan yang lebih bagus.
>Perkembangan Bisnis atau Peluang
Performa dan bisnis perusahaan juga ikut memengaruhi kesetiaan seorang
karyawan. Jika bisnis perusahaan menyusut sudah dipastikan akan berdampak pada
karyawan. Sebaliknya, jika bisnis lancar dan banyak proyek didapat, karyawan
akan punya kesempatan berkembang secara profesional dan finansial.
>Kepemimpinan yang Menginspirasi
Ada hubungan langsung antara kepemimpinan yang menginspirasi dan
loyalitas karena keduanya memiliki dampak besar
pada keterlibatan dan komitmen karyawan.
Pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang-orang di
bawahnya dapat memberi motivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan
mencintai pekerjaan mereka. Pemimpin seperti itu mampu mendorong karyawan untuk mencapai tujuan
mereka, memaksimalkan kemampuan mereka, serta mengatasi kelemahan
mereka. Dalam jangka panjang hal ini bisa membuat karyawan bahagia, yang
berarti mereka kemungkinan besar akan loyal pada perusahaan.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar