KOPERASI
MUDA CEMERLANG

Alamat: Jalan Merpati no.23 Bekasi, Jawa Barat
Telp: (021) 8877665
Daftar Isi
1. Latar Belakang
Masalah....................................................................................3
2. Maksud dan Tujuan Pendirian Koperasi..............................................................3
3. Visi..................................................................................................................3
4. Misi..................................................................................................................4
5. Target
Pasar.....................................................................................................4
6. Strategi Penjualan.............................................................................................4
7. Kelembagaan....................................................................................................4
8. Daftar Produk dan Analisis Harga......................................................................4
9. Rincian Biaya....................................................................................................4
10. Susunan Organisasi.........................................................................................4
11.
Penutup..........................................................................................................5
12. Lampiran
I.......................................................................................................6
13. Lampiran II.......................................................................................................7
14. Lampiran
III......................................................................................................8
I. Latar
Belakang Masalah
Koperasi merupakan gerakan
ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan.inti dari koperasi
adalah kerja sama, yaitu kerja sama diantara anggota dan para pengurus dalam
rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta membangun tatanan
perekonomian nasional. Sebagai gerakan ekonomi rakyat, koperasi bukan hanya
milik orang kaya melainkan juga milik seluruh rakyat Indonesia tanpa
terkecuali.
Berdasarkan UU No 12 tahun 1967, koperasi Indonesia
adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan
orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi
sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.Koperasi bertujuan untuk
menyejahterakan anggotanya.Pada hakekatnya koperasi merupakan suatu lembaga
ekonomi yang sangat diperlukan dan penting untuk diperhatikan sebab koperasi
merupakan suatu alat bagi orang-orang yang ingin meningkatkan taraf hidupnya.
Dasar kegiatan koperasi adalah kerjasama yang dianggap sebagai cara untuk
memecahkan berbagai persoalan yang mereka hadapi masing-masing, oleh sebab itu
sudah selayaknya apabila koperasi menduduki yang penting dalam sistem
perekonomian suatu Negara, begitupun koperasi mahasiswa yang kami dirikan
merupakan unit yang dibentuk oleh mahasiswa dalam rangka menunjang pelaksanaan
dan keberhasilan studi serta kesejahteraan mahasiswa.
Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27
(Revisi 1998), disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan
dengan badan usaha lain, yaitu anggota koperasi memiliki identitas
ganda.Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus
pengguna jasa koperasi. Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh
seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam
setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa
disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota
tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan
besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota.
II. Maksud dan Tujuan Pendirian Koperasi
Pendirian koperasi yang dilakukan
dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman setiap anggota dalam pendirian
koperasi, dan juga dapat menciptakan mahasiswa yang dapat membuka lapangan
usaha untuk mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. Tujuan diadakannya
koperasi ialah:
a.
Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya
dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan
sosialnya.
b.
Mengurangi tingkat pengangguran
c.
Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan
masyarakat.
d.
Mengembangkan kreatifitas dan jiwa keorganisasian
III. Visi
Visi
dari pendirian koperasi adalah menjadikan koperasi sebagai wadah kreasi anak
muda dalam berusaha.
IV. Misi
- Meningkatkan
kinerja anak muda dalam berbisnis.
- Meningkatkan
wawasan berorganisasi dalam koperasi.
- Memberi
pengalaman kepada setiap anggota dalam membuka usaha.
- Menjalankan kegiatan usaha koperasi dengan efektif,
efisien, dan transparan.
- Meningkatkan
profesionalisme pelayanan yang mudah, cepat, aman, dan terpercaya.
V. Target Pasar
Seluruh
siswa/i dan mahasiwa/i yang berdomisili bekasi dan sekitarnya serta masyarakat
yang mengenal atau mempunyai keperluan untuk membeli dikoperasi
VI. Strategi Penjualan
Strategi ini sangat dibutuhkan
karena bisa menambah informasi kepada calon pelanggan untuk membeli produk tersebut.
Promosi yang akan kami lakukan dengan cara:
a. Promosi
secara langsung dari mulut ke mulut
b. Promosi
melalui social media secara online (Facebook, Line, Instagram,
Twitter, dll)
c. Promosi
melalui brosur atau poster
VII. Kelembagaan
1.
Nama Koperasi : Muda
Cemerlang
2.
Nama Pimpinan : Farah Shofi
3.
Alamat : Jl.
Merpati no.23 Bekasi, Jawa Barat
4.
Telp :
(021) 88773399
VIII. Daftar Harga Produk dan Analisis Harga
Terlampir
IX. Rincian Biaya
Terlampir
X. Susunan Oranisasi
Terlampir
XI. Penutup
Koperasi berarti bekerja sama, sehingga setiap bentuk
kerja sama dapat disebut koperasi. Permasalahan korupsi yang terjadi dikoperasi
kebanyakan yang terjadi karena tindakan kepengurusan yang kurang profesional.
Kepungurusan professional adalah pengurus yang memiliki keahlian yang nyata
serta jiwa yang aktif, kreatif, dan bertanggung jawab.
Akhir dari penulisan proposal ini kami ucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan
proposal dan pendirian koperasi “Muda Cemerlang”. Terima kasih kami sampaikan
atas terkabulnya proposal ini, serta saya berharap agar pelaksanaan koperasi
yang kami dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan
kami.
Lampiran I
Daftar Produk dan Analisis Harga
Makanan
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Snack
|
30
|
3000
|
Nasi Kuning
|
25
|
4000
|
Risol
|
50
|
2500
|
Kue Sus
|
40
|
3000
|
Donat Kentang
|
50
|
3000
|
Alat
Tulis
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Pensil
|
50
|
2000
|
Pulpen
|
50
|
3000
|
Buku Tulis
|
30
|
2500
|
Penggaris
|
30
|
2000
|
Rautan
|
50
|
1500
|
Tip-ex
|
30
|
5000
|
Isi Binder
|
30
|
6000
|
Binder
|
20
|
40000
|
Papan Jalan
|
20
|
15000
|
Kebutuhan
Sekunder
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Tissue
|
30
|
2000
|
Plester Luka
|
50
|
1000
|
Sepatu Flat
|
15
|
30000
|
Lampiran II
Rincian Biaya
Uraian
|
Banyaknya
|
Jumlah
|
Modal
|
24 x @ Rp 150.000
|
Rp 3.600.000
|
Total
|
Rp 3.600.000
|
Nama Barang
|
Pengeluaran
|
Pemasukan
|
Keuntungan
|
||||||
Harga
(Rp)
|
Unit
|
Jumlah
(Rp)
|
Harga
(Rp)
|
Unit
|
Jumlah
(Rp)
|
Harga
(Rp)
|
Unit
|
Jumlah
(Rp)
|
|
Snack
|
3.000
|
30
|
90.000
|
3.500
|
30
|
105.000
|
500
|
30
|
15.000
|
Nasi Kuning
|
4.000
|
25
|
100.000
|
5.000
|
25
|
125.000
|
1.000
|
25
|
25.000
|
Risol
|
2.500
|
50
|
125.000
|
3.000
|
50
|
150.000
|
500
|
50
|
25.000
|
Kue Sus
|
3.000
|
40
|
120.000
|
3.500
|
40
|
140.000
|
500
|
40
|
20.000
|
Kentang Donat
|
3.000
|
50
|
150.000
|
3.500
|
50
|
175.000
|
500
|
50
|
25.000
|
Pensil
|
2.000
|
50
|
100.000
|
2.500
|
50
|
125.000
|
500
|
50
|
25.000
|
Pulpen
|
3.000
|
50
|
150.000
|
3.500
|
50
|
175.000
|
500
|
50
|
25.000
|
Buku Tulis
|
2.500
|
30
|
75.000
|
3.000
|
30
|
90.000
|
500
|
30
|
15.000
|
Penggaris
|
2.000
|
30
|
60.000
|
2.500
|
30
|
75.000
|
500
|
30
|
15.000
|
Rautan
|
1.500
|
50
|
75.000
|
2.000
|
50
|
100.000
|
500
|
50
|
25.000
|
Tip-ex
|
5.000
|
30
|
150.000
|
6.000
|
30
|
180.000
|
1.000
|
30
|
30.000
|
Isi Binder
|
6.000
|
30
|
180.000
|
7.000
|
30
|
210.000
|
1.000
|
30
|
30.000
|
Binder
|
40.000
|
20
|
800.000
|
45.000
|
20
|
900.000
|
5.000
|
20
|
100.000
|
Papan Jalan
|
15.000
|
20
|
300.000
|
17.000
|
20
|
340.000
|
2.000
|
20
|
40.000
|
Tissue
|
2.000
|
30
|
60.000
|
3.000
|
30
|
90.000
|
1.000
|
30
|
30.000
|
Plester Luka
|
1.000
|
50
|
50.000
|
1.500
|
50
|
75.000
|
500
|
50
|
25.000
|
Sepatu Flat
|
30.000
|
15
|
450.000
|
35.000
|
15
|
525.000
|
5.000
|
15
|
75.000
|
Total
|
600
|
3.035.000
|
600
|
3.580.000
|
600
|
545.000
|
Lampiran III
Struktur Organisasi
Penanggung Jawab :
Aena Bella
Ketua :
Farah Shofi
Wakil Ketua :
Siti Malihah
Sekretaris :
Ega Bara
Bendahara :
Aulia Fajrina
Anggota :
Abdul Ilah Hassan
Alexcius Febri
Chenia Putri
Dicky Setiawan
Endah
Ulfah
Florensy Panjaitan
Melany
Mufidah
Murnia Riski
Nuria Isna
Rangga Harja
Ratih Iras
Shabiel
Sofyan Hadi
Teguh Hadi
Vickry Wishnu
Wendi Setia
Wira Pricilia
Yoga Adi
0 komentar:
Posting Komentar